Kamis, 01 Maret 2012

10 Hal Aneh di Windows


Pemakaian produk milik Microsoft sampai sekarang telah mendominasi di kalangan pengguna komputer. Tidak berlebihan jika saya katakan kita sudah ketergantungan dengan Windows sampai ogah-ogahan beralih ke OS lain seperti Linux. Saking bersikukuhnya sampai-sampai kita tega menggunakan windows bajakannya –kasihan Pak Bill Gates, produknya banyak yang dibajak J -.
Selama kita menggunakan windows, pernah tidak terlintas dalam pikiran kita hal-hal aneh dari produk microsoft itu. Berikut ini akan saya kemukakan beberapa penampakan yang saya temukan –tapi mungkin bagi Anda kurang aneh dan sepele-, tapi bagi saya ini sangat menarik dan dapat dijadikan bahan observasi.
1. File Anti Delete
Dilihat dari namanya kayak virus saja. Memang Benar. Waktu itu setelah menginstal windows xp, saya berniat menganti notepad asli milik microsoft dengan notepad2 milik Florian Ballmer (download di http://www.flos-freeware.ch/ ).Saya kurang suka dengan notepad original/standar karena tidak bisa membedakan skript-skript yang dibuka. Jka kita pakai notepad2 akan jelas kelihatan alur-alur programnya karena sudah ada pengaturan syntax sekaligus pembedaan warnanya.
Nah, kasus dimulai ketika saya coba mereplace notepad baru dengan notepad original (namanya sudah saya samakan jadi notepad.exe). Perlu diketahui notepad orginal itu kapasitasnya 56 kb dan notepad barunya 208 kb.Setelah direplace memang berhasil, tetapi setelah direfresh file notepad baru itu kembali seperti semula (56 kb). Begitu terus-menerus,tiap kali saya ganti kembali lagi seperti semula. Notepad original itu tidak bisa diganti. Karena jengkel, maka saya search saja di drive C:\ file yang bernama notepad.exe. Dan saya dapatkan 4 file notepad di:
· C:\windows\Notepad.exe
· C:\ Windows\System32\Notepad.exe
· C:\ Windows\Prefetch\Notepad.exe-….pf [ada dua file]
Aha,ini dia biangnya. Setelah 4 file misterius itu saya ganti akhirnya posisi notepad original bisa saya gantikan dengan notepad2 Ballmer.
2. File Worm
Biarkan saya perkenalkan dulu file worm yang saya maksud adalah Thumbs.db. File ini akan terbentuk jika kita mengaktifkan view thumbhnails untuk folder yang mengandung file gambar atau video dan Anda mengaktifkan show hidden and pretected files. Apapun alasan Microsoft, jelas ini merugikan pengguna windows –padahal mungkin hanya saya yang keberatan J -. Pasalnya file yang ukuran minimalnya ini kurang lebih 8 kb tersebar diseluruh folder gambar di komputer saya. Anda bisa bayangkan, setelah saya search ternyata file Thumbs.db itu berjumlah sekitar 7000-an dan kapasitas totalnya sekitar 300 Mb.
Padahal hard disk yang saya miliki hanya memiliki kapasitas standar. File ini menyebar mirip worm, membuat kotor folder saja.
3. Folder yang aneh
Lebih baik kita simulasi saja.
· Buat folder baru dengan nama tes
· Dalam folder tes buat file dengan nama desktop ini.
· Tulis kode dibawah ini dalam file tersebut
[.ShellClassInfo]
CLSID={20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}
· Ubah attribut folder tersebut menjadi system dengan perintah DOS
Attrib +s [nama folder yang anda buat di atas]
· Setelah itu lihat hasilnya, folder tersebut akan berubah menjadi My Computer.
· Coba bikin folder lagi, ikuti seeri langkah sebelumnya dan ganti CLSID nya dengan cLSID berikut
Recycle Bin ={645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}
My Documents ={450D8FBA-AD25-11D0-98A8-0800361B1103}
My Network Places ={208D2C60-3AEA-1069-A2D7-08002B30309D}
· Nah sekarang anda mengertikan mengapa saya sebut dengan nama folder yang aneh. Oh ya…dengan cara ini kita juga dapat membuat Windows Mini. Caranya bikin satu folder lalu tambahkan My computer, Recycle Bin, My Network Places buatan kita. Lalu pindahkan di flashdisk.
4. File Kamuflase
Windows tetap melayani ekstensi ganda dari suatu file.
Rumusnya [namaFile+extensi1+extensi2].
Ekstensi pertama yang dapat anda gunakan adalah: .doc|.mp3|.zip
Ekstensi kedua: .pif|.scr
Misalnya saja seekor virus menggunakan file berekstensi ganda [contoh: ReadMe.doc.scr]. Karena windows telah mengenali ekstensi scr jadi terhidden. User hanya meihat file itu bernama ReadMe.doc, padahal itu bukan file document tetapi file aplikasi yang asalnya berekstensi dot exe [.exe]. Maka Waspadalah-waspadalah J
5. Folder Unik
Yang saya maksud adalah folder system32. Mengapakah harus menggunakan angka 32 bukan 13 atau 1.
6. Microsoft mulai melanggar aturan sendiri
Anda hanya bisa tahu jika telah menginstal Office 2007. Ekstensinya bukan lagi [.doc] tapi [.docx].Demikian juga Office yang lain seperti Power Point [.pptx)-intinya [extensi default+x]-. Bukankah dulu telah mereka sepakati bahwa ekstensi adalah tiga karakter terakhir setelah nama yang dipisahkan tanda titik/dot. Jadi harusnya microsoft tetap konsisten menggunakan 3 karakter (seperti .exe;.txt;.avi;dll).
7. Games Hearts Nakal milik Microsoft
Lagi-lagi kita harus simulasi, bosan kalau teori terus… L
· Buka registry [ketik regedit di start-run]
· Cari key :
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Currentversion\Applets\Hearts
· Buat String baru dengan nama zb. Isikan dengan nilai 42
· Nah sekarang saatnya bermain
· Aktifkan games Hearts [Start-all Programs-Accesories-Hearts]
· Bermainlah sewajarnya.
· Sekarang kita coba senjata pamungkas. Tekan Ctrl+Alt+Shift+F12 secara bersamaan.
· Jreng. Semua kartu terbuka.
8.  Folder CON
Katanya ini ditemukan oleh orang India, bahwa kita tidak akan bisa membuat folder dengan nama CON atau con dimana saja.
Sebenarnya bukan kata itu saja yang tidak bisa kita gunakan untuk menamai sebuah folder, masih ada kata NUL, COM1 hingga COM9, dan LPT1 hingga LPT9.
Hal ini dapat terjadi dikarenakan di Windows nama folder dan Special System Variables berbagi dengan tampilan yang sama, karena itulah ketika hendak membuat folder dengan nama System Variable akan dianggap folder tersebut sudah ada.
CON berarti console
COM1 berarti serial port 1
LPT1 berarti paralel port 1
9. Kalimat pada Notepad
1. Coba buka program Notepad
2. Coba tuliskan “Bush hid the fact” tanpa tanda kutip
3. Tutup dan simpan dimana saja
4. Coba buka kembali Notepad yang telah anda simpan tadi
Beginilah hasilnya:

Bukan kalimat itu saja diubah oleh Notepad, masih ada kalimat lain seperti misalnya “This api can break”, This cat can split”, “jane can not dance”, “yyyy yyy yyy yyyyy”, dan aaaaaaaa aaaaa aaa aaaaa”, juga mengalami nasib yang sama.
Ketika kalimat “Bush hid facts” disimpan, Notepad menyimpannya tanpa masalah. bisa dibuktikan dengan membuka file tersebut dengan file lain, misalnya Wordpad. Masalah baru muncul saat file tersebut dibuka dengan Notepad itu sendiri. Sebelum membuka file tersebut, Notepad berusaha mendeteksi encoding yang digunakan. ternyata Algoritma deteksi ini keliru jika file yang dimaksud mengandung kalimat dengan pola 4-3-3-5 karakter sehingga membentu kode ASCII tertentu. Akibatnya file yang disimpan dalam encoding ANSI tersebut malah dibuka dalam encoding UTF-16.
10. Hal aneh di Microsoft Word
Buka Microsoft Office Word (XP, 2003), lalu ketikkan :
=rand (200,99)
kemudian tekan ENTER, dan tunggu sesaat.
Hasil di Word 2007 agak sedikit berbeda kalimatnya, Karena itu jika anda ingin mendapatkan hasil yang sama dengan Word sebelumnya ketikkan :
=rand.old (200,99)
Keanehan ini sering dianggap BUG pada Microsoft Office Word, namun sebenarnya hal-hal semacam ini merupakan hal yang lumrah yang dimasukkan oleh programme dalam mencoba atau sekedar iseng-iseng ada suatu produk. Karena programmernya kebanyakan geek, dan gila game, maka muncullah kalimat ” The quick brown fox jumps over the lazy dog” yang berulang jika kita menulis kalimat itu. Hal ini biasanya disembunyikan dan dapat diakses dengan cara-cara atau trik-trik tertentu. ini biasa disebut “easter egg”.
rand berarti radom
Angka (200,99), 200 berarti 200 paragraf, dan 99 berarti 99 kalimat perparagraf. Coba anda ubah menjadi (1,1) atau angka lainnya, hasilnya akan berbeda.
Gimana teman2 aneh2 kan ?????? Coba deh !!!!!!

1 komentar:

  1. mantab infonya gan salam kenal n sukses sllu. monggo mampir di blog saya gan maaf newbie gan.hee....thx
    http://artgazebo-randublatung.blogspot.com

    BalasHapus